PENERAPAN MODEL CORE PADA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 32 PURWOREJO

Indrawati .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model CORE (connecting, organizing, reflecting, extending). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-A SMP N 32 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model CORE dan mengetahui komunikasi matematis lisan siswa,lembar tes untuk pemahaman konsep dan komunikasi matematis tertulis siswa, wawancara untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model CORE, dokumentasi dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE dapat meningkatkan 1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 68,38% kemudian meningkat menjadi 80,84% pada siklus II, 2) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yaitu pada siklus I sebesar 68,71% kemudian meningkat menjadi 79,88% pada siklus II, dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa pada siklus I sebesar 66,55% kemudian meningkat menjadi 78,12% pada siklus II.

Kata kunci: pemahaman konsep, komunikasiĀ  matematis, model CORE


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.idĀ  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.