EKSPERIMENTASI THINK TALK WRITE DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VII MTS NEGERI 1 PREMBUN

Segalih Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada menggunakan tipe Cooperative Script materi segiempat.. Populasi penelitian yaitu kelas VII MTs Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016. Populasi  dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Prembun yang terdiri dari 6 kelas  Sampel penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan VII C sebagai kelas eksperimen 2 yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada menggunakan tipe Cooperative Script pada materi segiempat kelas VII MTs Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: Think Talk Write, Cooperative Script, prestasi belajar, segiempat

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.