PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL FSLC SISWA KELAS VII B SMP N 25 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Subyek penelitian ini siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuntitatif. Hasil analisis data secara kualitatif menunjukan: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah sehingga siswa mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan strategi, serta memeriksa kembali langkah dan hasilnya, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga siswa berani bertanya, mampu memahami pertanyaan, mampu mengungkapkan ide, menggunakan notasi matematika, mampu mengilustrasikan ide-ide matematika dalam bentuk uraian yang relevan, serta menuliskan kesimpulan. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 60,36% menjadi 76,75%, 2) kemampuan komunikasi matematis lisan siswa dari 61,64% menjadi 77,61%, dan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dari 60,47% menjadi 76,04%.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, model FSLC.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.