EKSPERIMEN MODEL PBL DAN MEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP N 6 PURWOREJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis)lebih baik daripada pembelajaran dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa kelas VII SMP N 6 Purworejo tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, dan dokumentasi.Pengujian hipotesismenggunakan uji-t pihak kanan.Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan =0,05 diperoleh 1,672 dengan = 1,645. Maka dari itu, H0 ditolak yangmengakibatkan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran denganmodel pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran PBL pada kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa kelas VII SMP N 6 Purworejo tahun ajaran2015/2016.
Kata kunci: MEA, PBL, pemecahan masalah
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.