PENGARUH KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN KALIKAJAR

Barif Isnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membuat model matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kalikajar tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kalikajar yang berjumlah 651 siswa. Dengan sampel sebanyak 65 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu  metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis  regresi linier sederhana.  Sebagai prasyarat analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian.  Hasil penelitian diperoleh rerata kemampuan siswa dalam membuat model matematika dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tidak lebih dari nilai KKM sebesar 7,5. Dari pengujian hipotesis harga thitung > ttabel atau 7,628 > 1,998 sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membuat model matematika terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Kemampuan membuat model matematika memberikan pengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 48%.

 

Kata kunci: model matematika, soal cerita


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.