PENGARUH PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental designs (non-designs). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII A SMP Muhammadiyah Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Anova dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai = 5, 80, sedangkan nilai dengan derajat kebebasan pembilang 1 dan derajat kebebasan penyebut 29 untuk taraf signifikan 5% adalah 4,18. Karena nilai > maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, artinya bahwa penggunaan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Kata kunci: PBL, kemampuan berpikir kritis matematis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.