PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CTL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) menghasilkan modul matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis pendidikan karakter pada siswa SMP kelas VII pada pokok bahasan perbandingan, 2) mengetahui respon siswa terhadap modul matematika dengan pendektan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis pendidikan karakter pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Data yang diperoleh adalah adalah data kuantitatif yang berupa validasi oleh ahli media, ahli materi, uji coba terbatas, dan angket respon siswa serta data kualitatif yang berupa telaah modul oleh ahli media dan ahli materi. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga diperoleh rerata skor 3,23 untuk penilaian ahli materi dan rerata skor 3,14 untuk penilaian ahli media yang memenuhi kriteria valid, persentase ketuntasan klasikal 62,5% untuk uji coba terbatas dengan kriteria cukup, dan mendapat respon siswa dengan persentase 77,16% memenuhi kriteria baik.
Kata kunci: pengembangan, modul, contextual teaching and learning
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.