PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Ropoh Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo dengan subjek penelitian siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2015/2016. Dengan jumlah siswa 30, yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data mengunakan tes dan telah memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data mengunakan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif Ropoh. Hal tersebut ditunjukan dari data yang diperoleh pada prasiklus siswa yang tuntas ada 16,67% dengan nilai rata-rata 51,5 meningkat pada siklus I yaitu 43,33% dengan nilai rata-rata 64,19 dan meningkat lagi di siklus II yaitu 83,33% dengan nilai rata-rata 80,38.
Kata kunci : inside-outside circle, prestasi belajarFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.