PENGARUH NILAI UJIAN AKHIR SEKOLAH MATEMATIKA SD DAN JENIS KELAMIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Aminarti FH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara nilai UAS matematika SD terhadap prestasi belajar matematika, pengaruh antara jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika, dan pengaruh antara nilai UAS matematika SD dan jenis kelamin secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak terdapat pengaruh antara nilai UAS matematika SD terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan dengan   , tidak terdapat pengaruh antara jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan dengan  nilai , dan tidak terdapat pengaruh antara nilai UAS matematika SD dan jenis kelamin secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika ditunjukkan dengan nilai

Kata kunci: nilai uas matematika SD, jenis kelamin, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.