PENERAPAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X

Indah Oktriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi REACT dan melihat hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi REACT pada materi persamaan kuadrat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran menggunakan strategi REACT, dimana pembelajaran diawali dengan tahapan relating yaitu peneliti mengaitkan pengetahuan siswa sebelumnya dengan materi persamaan kuadrat yang akan dipelajari, tahap experiencing dan cooperating siswa berdiskusi bersama kelompok untuk menyelesaikan masalah yang disajikan dan tahap selanjutnya transferring dan applying siswa diberikan suatu masalah dalam konteks baru dimana siswa menyelesaikan masalah dengan menerapkan sesuatu yang telah siswa pahami pada tahap sebelumnya. Tes digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan strategi REACT. Hasil tes yang diperoleh  termasuk dalam kategori baik dengan rata – rata 78,75.

 

Kata kunci: strategi REACT, kemampuan pemecahan masalah, persamaan kuadrat

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.