HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUURIP TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Luthfiana Puspasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signi­fikan an­tara: (1) kecerdasan emo­­sional terhadap prestasi be­lajar ma­tematika; (2) mo­ti­vasi ber­­prestasi terhadap prestasi be­lajar ma­tematika; (3) kecerdasan emosio­nal dan motivasi ber­pre­­s­tasi ter­hadap prestasi belajar ma­tema­tika. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ba­nyuurip sebanyak 774 siswa, sampel sebanyak 186 siswa. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif expost facto. Teknik sa­m­pling yang di­gunakan Cluster Sampling Setelah data di­peroleh dilakukan uji prasyarat yaitu uji nor­­ma­li­tas me­nggunakan Chi Kuadrat, uji homo­genitas menggunakan uji F, untuk men­jawab hipo­tesis meng­­gunakan uji z. Hasil penelitian pada korelasi = 5% menunjukkan bahwa ter­dapat hubungan yang po­si­tif antara: (1) kecerdasan emosional dengan pres­tasi belajar mate­matika yaitu  sebesar  dan signifikan; (2) motivasi berprestasi dengan prestasi bela­jar ma­te­matika yaitu  sebesar  dan signifikan; (3) kecerdas­anemo­sional dan motivasi berprestasi dengan pr­e­stasi be­lajar matematika yaitu  se­besar 0,037 tetapi tidak signifikan.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.