HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUURIP TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika; (3) kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip sebanyak 774 siswa, sampel sebanyak 186 siswa. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif expost facto. Teknik sampling yang digunakan Cluster Sampling Setelah data diperoleh dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, untuk menjawab hipotesis menggunakan uji z. Hasil penelitian pada korelasi = 5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara: (1) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar dan signifikan; (2) motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar dan signifikan; (3) kecerdasanemosional dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,037 tetapi tidak signifikan.
Kata kunci: kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.