MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING

Dwi Purwanto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematisdanhasil belajar matematika melaluimodel pembelajarankooperatifkancing gemerincing pada siswa kelas VIII DSMP Negeri 11 Purworejo Tahun 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII D. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dapat meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari persentase observasi komunikasi matematis pada siklus I sebesar 56,25% meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Rata-rata nilai evaluasi siswa pada siklus I mencapai  69,90 dan persentase ketuntasa individual 65,62% meningkat menjadi 76,15 pada siklus II dan persentase ketuntasan individual 75,00%.

 

Kata kunci:Model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing, komunikasi matematis, dan hasil belajar matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i3.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.