PERBANDINGANMETODE VERTIKAL DENGANMETODE HORISONTAL TERHADAP PEMAHAMANMATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah dengan metode perkalian horisontal tingkat pemahaman materi operasi hitung perkalian pada Anak Tunarungu lebih baik dari pada metode perkalian vertikal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen subjek tunggal dengan desain reversal A-B-A. Instrumen berupa soal tes.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisstatistikdeskriptif.Daridatapenelitian diperoleh perbandingan mean level antara baseline 1 (A1) dengan intervensi sebesar 3 : 6,5,intervensi dengan baseline 2 (A2) yaitu 6,5 : 6danbaseline 1 (A1) dengan baseline 2 (A2) adalah 1 : 2 dengan persentase mean levelbaseline 1 (A1) sebesar 33,33% , intervensi 72%danbaseline 2 (A2) 67%. Hasilpengolahan data tersebutmenunjukkanbahwa, dengan metode perkalian horisontal tingkat pemahaman materi operasi hitung perkalian pada Anak Tunarungulebih baik dari pada metode perkalian vertikal.
Kata kunci: Metode vertikal, Metode horisontal, Pemahaman materi, Perkalian
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i3.2999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.