PENERAPAN TEORI BELAJAR BERMAKNA DAVID AUSUBEL TERHADAPPENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ika Rahmawati, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui peningkatankomunikasi matematis dan prestasi belajarmatematikamelaluipenerapanteori belajar bermakna David Ausubel berbantuan lembar kerja peserta didik. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodeobservasidantes. Instrumen yang digunakanberupalembarobservasi, lembar keterlaksanaan, catatan lapangan dan tes. Teknisanalisis data menggunakan rata-rata danpersentase. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata tes komunikasi matematika siklus I 69,76denganpersentaseketuntasanklasikal65,71% danmeningkatpadasiklus II menjadi 76,07denganpersentaseketuntasanklasikal 77,14%. Untuktes prestasi belajar matematika pada siklus I rata-rata sebesar 69,43 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 65,71% dan meningkat pada siklus II menjadi 75 dengan presentase ketuntasan klasikal 77,14%. Padalembarobservasikomunikasi matematissiklus I rata-rata persentasesebesar 67,45% meningkatpadasiklus II menjadi 75,24%. Dengan demikianpenerapanteori belajar bermakna David Ausubel berbantuan lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci:Teori belajar bermakna David Ausubel, lembar kerja peserta didik, komunikasi matematis, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i3.2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.