EKSPERIMENTASIPEMBELAJARAN MATEMATIKA MODELRMEDAN MODELPBLTERHADAP PRESTASI BELAJAR

Wahy Daniyah; Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu pada pokok bahasan Teorema Phytagoras yang mendapatkan pembelajaran dengan model RME lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Negeri 1 Nusawungu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan  metode  dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dan dianalisis taraf kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas. Analisis  uji  hipotesis  akhir menggunakan  uji t dengan α = 0,05. Dari  hasil  analisis  uji t diperoleh  nilai ttabel = 1,645 dan nilai tobs = 2,154. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Teorema Pythagoras mengunakan model RME lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model PBL setelah diterapkan pada pokok bahasan Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: RME, PBL, Prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i3.2993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.