STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KONVEN¬SIONAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional lebih baik daripada pembelajaran kooperatif pada siswa kelas X Farmasi SMK Kesehatan Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, dengan menggunakan teknik purposive sample diambil sampel sebanyak 2 model pembelajaran yaitu pembelajaran konvensional dan pembelajaran kooperatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional dapat memenuhi batas tuntas KKM lebih dari 70; (2) prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tidak dapat memenuhi batas tuntas KKM lebih dari 70; dan (3) terdapat perbedaan terhadap prestasi siswa menggunakan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif.
Kata kunci: Pembelajaran Konvensional, Pembelajaran Kooperatif, dan Prestasi Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i2.2979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.