STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KONVEN¬SIONAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ayu Setyo Rini, Budiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika dengan meng­gunakan pembelajaran konvensional lebih baik daripada pembelajaran ko­ope­ratif pada siswa kelas X Farmasi SMK Kesehatan Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, dengan menggunakan teknik purposive sample diambil sampel sebanyak 2 model pembelajaran yaitu pembelajaran kon­vensional dan pem­belajaran kooperatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggu­nakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Kesimpulan dalam pene­litian ini adalah: (1) prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran konven­sional dapat me­menuhi batas tuntas KKM lebih dari 70; (2) prestasi belajar siswa menggu­nakan pembelajaran kooperatif tidak dapat memenuhi batas tuntas KKM lebih dari 70; dan (3) terdapat perbedaan ter­hadap prestasi siswa meng­gu­nakan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif.

 

Kata kunci: Pembelajaran Konvensional, Pembelajaran Kooperatif, dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.