PROSES PENALARAN ADAPTIF (ADAPTIVE REASONING) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penalaran adaptif dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII tingkat SMP. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian secara umum proses penalaran adaptif siswa dalam pemecahan masalah matematika adalah sebagai berikut: (a) Merumuskan hal yang diketahui dari permasalahan matematika yang diberikan, (b) merumuskan hal yang belum diketahui, (c) merumuskan hal yang ditanyakan, (d) menemukan kemungkinan strategi untuk mengerjakan permasalahan matematika, (e) menuliskan kemungkinan rumus untuk membantu memecahkan permasalahan matematika, (f) menemukan hasil akhir dari permasalahan matematika, (g) menuliskan kesimpulan dari permasalahan matematika, (h) menuliskan alasan tentang strategi yang siswa dapatkan, (i) menuliskan alasan tentang kesimpulan yang siswa dapatkan, (j) menuliskan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang ada dalam permasalahan matematika, (k) memeriksa jawabannya kembali agar tidak ada salah hitung dalam pekerjaannya, dan (l) membedakan algoritma pada masing-masing soal dengan konsep tertentu.
Kata kunci: Proses Penalaran Adaptif, Pemecahan Masalah Matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.