EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 20142015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas.Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling.Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan VII C sebagai kelas eksperimen II.Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk soal uraian yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t, diperoleh tobs = 2,491 > ttabel = 1,679 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci:Think Talk Write ,Think Pair Share, dan Pemahaman Konsep
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.