PERAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MAN

Tri Lestari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari masing-masing gaya belajar (gaya belajar visual, auditorial, kinestetik) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X MAN. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial sama-sama memberikan kontribusi yang tinggi terhadap prestasi belajar matematika. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memberikan kontribusi yang rendah terhadap prestasi belajar matematika. Secara keseluruhan dari ketiga gaya belajar tersebut, gaya belajar visual memberikan kontribusi yang paling baik terhadap prestasi belajar matematika karena memiliki skor yang paling tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik.

 

Kata kunci: gaya belajar, prestasi belajar matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.