PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN TAPPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran MMP lebih baik daripada TAPPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 160 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran MMP lebih baik daripada TAPPS.
Kata kunci: MMP, TAPPS, kemampuan pemecahan masalah matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.