EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN TSTS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS VIII SMP 28 PURWOREJO
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray). Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitia ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah claster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji hipotesis yang dilakukan setelah uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dengan Lilliefors dan uji homogenitas variansi dengan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf segnifikansi 5%. Dari analisis data diperoleh hasil tobs = 1,684 > 1,645 = ttabel dengan kata lain H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray).
Kata kunci: TGT, TSTS, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2969
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.