PENINGKATAN SELF-ESTEEM DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN TPS KELAS VIII A MTs MA’ARIF KEMIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self-esteem (harga diri) siswa dan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Think-Pair-Share (TPS). Dimana subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Ma’arif NU Kemiri tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif. Hasil analisis memberikan gambaran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan self-esteem siswa. Sehingga siswa mampu bertanya materi yang belum mereka paham, mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, mampu mempresentasikan hasil diskusinya, sudah dapat memperhatikan presentasi teman, dan penjelasan materi yang diberikan oleh guru. Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Dari nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan belajar 21,87% pada siklus I, kemudian menjadi 86,50 dengan ketuntasan belajar mencapai 81,25% pada siklus II.
Kata kunci: Self-esteem, pemahaman konsep matematika, model TPS
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.