EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PAKEM PADA MATERI PERSEGI PANJANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN SEGUGUS PUNTHO DEWO KECAMATAN PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada menggunakan metode ceramah pada materi persegi dan persegi panjang di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh SDN. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitianberupa tes prestasi belajar matematika siswa yang berbentuk pilihan ganda. Validitas instrumen menggunakan product moment, reliabilitas instrumen menggunakan KR-20. Uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,84 lebihbesar dari ttabel sebesar 1,65 sehingga H0 ditolak. Jadi hasil belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang yang menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada yang menggunakan metode ceramah di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: Eksperimentasi, pendekatan PAKEM, hasil belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v1i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.