DESKRIPSI KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa kelas XI IPA SMA dalam pembelajaran matematika.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Purworejo pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pemilihan subjek sumber data yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi teori.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika secara tertulis tergolong baik karena telah memenuhi kriteria indikator komunikasi matematis tertulis. Hal ini dapat dilihat ketika siswa dapat menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika; menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara tertulis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar; menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika serta dapat membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi, dan generalisasi tentang permasalahan matematika.
Kata kunci: Komunikasi matematis tertulis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.