HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL, KONSEP DIRI, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PITURUH

Frida Dwi Gunarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara: (1) interaksi sosial dengan konsep diri; (2) interaksi sosial dengan kecerdasan emosional; (3) konsep diri dengan kecerdasan emosional; (4) interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika; (5) konsep diri dengan prestasi belajar matematika; (6) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika; (7) seberapa besar koefisien setiap jalur pada diagram; (8) apakah model diagram didukung data setelah dilakukan analisis jalur. Dimana subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 177 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Semua data dianalisis secara kuantitatifdengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kausal antara: (1) interaksi sosial dengan konsep diri sebesar 0,548; (2) interaksi sosial dengan kecerdasan emosional sebesar 0,495; (3) konsep diri dengan kecerdasan emosional sebesar 0,529; (4) interaksi sosial dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,523; (5) konsep diri dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,487; (6) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,482; (7) koefisien jalur p21 = 0,548, p31 = 0,293, p32 = 0,369, p41 = 0,299, p42 = 0,203, p43 = 0,266; (8) model diagram tidak ada perubahan atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan setelah dilakukan analisis jalur.

 

Kata kunci: Interaksi sosial, konsep diri, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.