HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR, EMOSI, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII MTs DI KE¬¬CA¬MATAN PETANAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara (1) lingkungan belajar dengan emosi (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal (3) lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika (4) emosi dengan kemampuan verbal (5) emosi dengan prestasi belajar dan (6) kemampuan verbal dengan prestasi belajar matematika (7) mengetahui seberapa besar koefisien jalur pada setiap jalur (8) apakah diagram dalam penelitian ini benar-benar didukung setelah dilakukan analisis jalur. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs Swasta di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajarn 2015/2016 sebanyak 142 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Semua data dianalisis secara kuantitaif dengan teknik analisis jalur. Hasil analisis korelasi diperoleh sebagai berikut: terdapat hubungan kausal antara (1) lingkungan belajar dengan emosi sebesar 0,423 (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal sebesar 0,489 (3) lingkungan belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,465 (4) emosi dengan kemampuan verbal sebesar 0,504 (5) emosi dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,418 (6) kemampuan verbal dengan prestasi belajar sebesar 0,516 (7) p21=0,423; p31= 0,336; p41= 0,243; p32= 0,362; p42 = 0,151; p43= 0,321 (8) model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan setelah dilakukan analisis jalur.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.