UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PAIR CHECK

Dwika Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika dengan metode Pair Check. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri  3 Kepil tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa metode pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Ditunjukkan dengan perolehan rerata persentase siswa sangat mandiri dan mandiri pada pra siklus mencapai 29% dan meningkat pada siklus I menjadi 67%. Kemudian dari siklus I meningkat menjadi 93% pada siklus II. Diwujudkan dengan siswa mampu untuk fokus, mampu mengikuti dengan tekun, mulai mengerjakan sendiri soal yang diberikan guru tanpa menunggu teman lain mengerjakan, mulai bisa mengerjakan sendiri soal yang diberikan guru, mulai mampu menilai sendiri jawaban yang dikerjakan, disiplin, sebagian besar siswa mampu untuk tidak mencontek, berani mengutarakan pendapat, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan baik dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dari peningkatan kemandirian belajar siswa, diikuti juga peningkatan rerata prestasi belajar pada siklus I 40,83 meningkat menjadi 76,46 pada siklus II.

 

Kata kunci: Kemandirian belajar, metode Pair Check

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.