EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

Septi Winastri Pratami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT lebih baik daripada yang menggunakan model STAD. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 24 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk tes uraian yang sudah diujicobakan serta telah memenuhi syarat validitas, konsistensi internal, dan reliabilitas. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-  student. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji- dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran dengan kooperatif tipe model STAD pada siswa kelas VIII SMP N 24 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: NHT, STAD, pemahaman konsep

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.