PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS PADA SISWA SMP

Abdul Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP IT Ulul Albab Purworejo melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian partisipasi dan prestasi belajar matematika menunjukkan terjadi peningkatan partisipasi siswa ditunjukkan dengan sikap siswa mulai mengikuti pembelajaran dengan baik, siswa berani bertanya kepada guru. Persentase partisipasi siswa yang sudah memenuhi indikator pada siklus I sebesar 53,57% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Meningkatnya partisipasi diikuti meningkatnya rata-rata kelas pada siklus I sebesar 67,92 dengan ketuntasan klasikal 60,71% menjadi 78,07 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,14% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika kelas VIII A SMP IT Ulul Albab tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Partisipasi, pembelajaran TPS, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.