EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR

Annas Majid Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada materi persamaan garis lurus di SMPN 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan eknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes hasil belajar siswa yang telah memenuhi syarat validitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan , diperoleh thitung = 1,1812 dan ttabel = 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Snowball Throwing lebih baik dibandingkan hasil belajar ynag mendapatkan pembelajaran dengan Numbered Heads Together (NHT) pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII semester 1 SMPN 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Pembelaran, Snowball Throwing, Numbered Heads Together (NHT)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.