HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika; (2) konsep diri dengan prestasi belajar matematika; (3) disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kutowinangun sebanyak 412 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 186 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Pengujian hipotesis menunjukan thitung>ttabel dan Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan: disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika; konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: disiplin belajar, konsep diri, dan prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.