PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR PADA SISWA KELAS X-1 SMA N 2 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo dengan model pembelajaran arit berbantu media flash. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Purworejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus mean dan persentase. Persentase kreativitas belajar pada siklus I untuk kreativitas belajar bekerja secara kelompok sebesar 52%, bekerja secara individu sebesar 55%, dan bekerja saat tes siklus sebesar sebesar 56%, pada siklus II kreativitas belajar mengalami peningkatan yaitu untuk bekerja secara kelompok menjadi 75%, bekerja secara individu menjadi 76%, dan bekerja saat tes siklus menjadi 89%. Sedang rerata prestasi belajar siswa dari 66,9 pada pra siklus meningkat menjadi 69,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 85,0 pada siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pem-belajaran air berbantu media flash dapat meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.