UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SUB POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI LUGUREJO
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Lugurejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar, keterampilan proses belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa dari 66% pada siklus I, menjadi 67,05% pada siklus II. Keterampilan proses belajar siswa meningkat dari 51,47% pada siklus I, menjadi 61,84% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 63 dengan ketuntasan klasikal mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 67,37 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,68% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Lugurejo Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.
Kata kunci : metode pembelajaran talking stick, motivasi belajar belajar, keterampilan proses belajar, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v1i1.288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.