PENGARUH PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DENGAN PENDEKATAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dengan pendekatan Picture and Picture akan lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini adalah model penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas. Pengambilan sempel menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen, dan tes. Instrumen yang digunakan telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t dengan 2 tahap analisis. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dengan Pendekatan Picture and Picture menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran Ekspositori pada materi Segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2015/2016.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.