EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Salimatul Amanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran Inquiry efektif terhadap prestasi belajar matematika dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2014/2015; (2) apakah model pembelajaran TPS efektif terhadap prestasi belajar matematika dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2014/2015; (3) manakah yang lebih efektif pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry atau pembelajaran dengan model pembelajaran TPS terhadap prestasi belajar matematika dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas. Pengujian prasyarat hipotesis menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji proporsi dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Inquiry efektif terhadap prestasi belajar matematika; (2) model pembelajaran TPS efektif terhadap prestasi belajar matematika; (3) model pembelajaran Inquiry lebih efektif daripada model pembelajaran TPS terhadap prestasi belajar matematika.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.