PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Nurul Khabibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh interaksi sosial antar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) pengaruh kemandirian belajar dan interaksi sosial antar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi linear dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar   tergolong sedang, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari interaksi sosial antar siswa terhadap prestasi belajar matematika sebesar  tergolong sedang, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kemandirian belajar dan interaksi sosial antar siswa secara bersama-sama terhadap  prestasi belajar matematika sebesar  tergolong kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kemandirian belajar dan interaksi sosial antar siswa terhadap prestasi belajar matematika baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.