PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Baruna Jatmika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kreativitas belajar siswa dan (2) peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan tanggal 9 Februari sampai 25 Februari 2015. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif rata-rata dan persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata persentase kreativitas belajar pada siklus I menggunakan lembar observasi sebesar 66% dengan kategori cukup menjadi 76% dengan kategori baik pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika pada siklus I sebesar 71,41 dengan ketuntasan klasikal 62,50% menjadi 78,28 dengan ketuntasan klasikal 84,38%pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: kreativitas belajar, prestasi belajar, CRH


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.