PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII

Efa Suryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Invesstigation(GI) pada siswa kelas VII SMP PGRI 3 Kepil  tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik rerata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation(GI) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rerata keaktifan siswa  pada siklus I sebesar 66,25% dan meningkat menjadi 78,72% pada siklus II. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,11 dengan ketuntasan mecapai 55,56% kemudian pada siklus II sudah mencapai 80,33 dengan ketuntasan 77,78%.

 

Kata kunci: Group Investigation (GI), keaktifan, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.