HUBUNGAN AKTIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 39 PURWOREJO

Yeniarsih Yeniarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan aktivitas dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP N 39 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi model sequential explanatory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa termasuk kategori “selalu”, untuk variabel kemandirian belajar siswa, termasuk dalam kategori “kadang-kadang”, serta untuk prestasi belajar matematika siswa termasuk dalam kategori “baik”. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel aktivitas belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, ada hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,288 yang artinya besarnya sumbangan variabel aktivitas dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa secara bersama-sama sebesar 28,8% dan sisanya 71,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Bedasarkan hasil analisis kualitatif, menunjukkan bahwa aktivitas dan kemandirian belajar siswa berhubungan dengan prestasi belajar matematika siswa.

Kata kunci: aktivitas belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.