PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN

Ita Nurayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar menggunakan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar. Secara kualitatif peningkatan ditunjukkan dengan sikap siswa mulai memperhatikan ketika guru menjelaskan. Perasaan siswa mulai senang terhadap pelajaran. Siswa menjadi lebih aktif bertanya maupun menjawab  pertanyaan. Siswa mampu dalam mengemukakan hipotesisnya serta siswa mampu memberikan alasan dari jawaban yang dikemukakan. Secara kuantitatif persentase hasil observasi keterampilan berpikir kritis siklus I sebesar 67% meningkat sampai siklus II sebesar 83%. Rata-rata nilai prestasi belajar siklus Isebesar 72,6 meningkat sampai siklus II sebesar 80. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 60% meningkat sampai siklus II sebesar 83%.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, problem solving, prestasi

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.