PERSEPSI SISWA TERHADAP UJIAN NASIONAL MATA UJIAN MATEMATIKA

Wahyu Arif Hidayah, Erni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 26 Purworejo terhadap Ujian Nasional mata ujian matematika.  Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dengan instrumen berupa pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap Ujian Nasional mata ujian matematika positif. Hal itu ditunjukkan dengan mata ujian matematika yang dianggap lebih sulit, tetapi siswa tetap kerja keras dalam belajar matematika, selain itu siswa juga berusaha mengatasi kesulitan yang mereka alami agar dapat mengerjakan mata ujian matematika dengan baik dan benar sehingga mendapatkan hasil nilai yang maksimal seperti harapan mereka.

 

Kata kunci: persepsi siswa, mata ujian matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.