STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA ANTARA MODEL RME DAN DISCOVERY LEARNING

Zaenab Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model RME lebih baik daripada model Discovery Learning pada pokok bahasan kubus dan balok serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran yang lebih baik diantara keduanya. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII A-D SMP Negeri 15 Purworejo. Pengambian sampel dengan teknik cluster random sampling dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga didapatkan tobs = 3,684 dan ttabel= 1,670. Sehingga H0 ditolak karena tobs > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa prestasi belajar dengan model pembelajaran RME lebih baik dibandingkan dengan model Discovery Learning. Hal ini didukung oleh persepsi siswa yang bersifat positif yaitu dengan adanya penggunaan konteks, interaksi, keterkaitan materi pelajaran, serta pembelajaran tidak bersifat monoton.

 

Kata kunci: prestasi belajar, persepsi, RME, Discovery Learning

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.