EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TAI DAN KOMBINASI TAI DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah 1)hasil pembelajaran model kombinasi (Team Assisted Individualization) TAI dengan Tutor Sebaya lebih baik daripada TAI, 2)hasil pembelajaran model kombinasi TAI dengan Tutor Sebaya lebih baik daripada ekspositori, 3)hasil pembelajaran model TAI lebih baik daripada ekspositori. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 14 Purworejo kelas. Teknik sampling adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini kelas VII C sebagai kelas kontrol, kelas VII F sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen II. variabel penelitian yaitu variabel bebas adalah model pembelajaran dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen menggunakan metode tes. Uji hipotesis menggunakan Uji F dan metode Scheffe’. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran kombinasi TAI dengan tutor sebaya lebih baik dari TAI, model kombinasi TAI dengan Tutor Sebaya lebih baik dari ekspositori, model TAI sama baiknya dengan ekspositori pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 14 Purworejo.
Kata kunci: TAI, tutor sebaya, ekspositori, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.