PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Tati Yuni Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 apabila diterapkannya model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo dengan jumlah peserta didik 22 anak tahun pelajaran 2014/2015. Pada siklus I siswa yang hadir sebanyak 21 dari 22 siswa yang terdaftar. Rerata tes pemahaman konsep siklus I yaitu 70,80 dengan 10 siswa sudah tuntas belajar dan 11 siswa masih belum tuntas, sedangkan persentase ketuntasan klasikal 52,38 %. Untuk siklus II dengan siswa sebanyak 21, rerata tes pemahaman konsep matematika siklus II yaitu 82 dengan 17 siswa telah tuntas belajar dan masih ada 4 siswa masih belum tuntas, sedangkan persentase ketuntasan klasikal 80,95 %. Ini menunjukkan bahwa nilai rerata tes pemahaman konsep siswa sudah memenuhi target yang ditentukan yaitu lebih dari 75 % siswa telah tuntas dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, Talking Stick


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.