PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 apabila diterapkannya model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo dengan jumlah peserta didik 22 anak tahun pelajaran 2014/2015. Pada siklus I siswa yang hadir sebanyak 21 dari 22 siswa yang terdaftar. Rerata tes pemahaman konsep siklus I yaitu 70,80 dengan 10 siswa sudah tuntas belajar dan 11 siswa masih belum tuntas, sedangkan persentase ketuntasan klasikal 52,38 %. Untuk siklus II dengan siswa sebanyak 21, rerata tes pemahaman konsep matematika siklus II yaitu 82 dengan 17 siswa telah tuntas belajar dan masih ada 4 siswa masih belum tuntas, sedangkan persentase ketuntasan klasikal 80,95 %. Ini menunjukkan bahwa nilai rerata tes pemahaman konsep siswa sudah memenuhi target yang ditentukan yaitu lebih dari 75 % siswa telah tuntas dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri Kaliharjo tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: pemahaman konsep, Talking Stick
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.