PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Desty Indah Puspitaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP N 5 Purworejo dengan  menggunakan model Treffinger. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII E SMP N 5 Purworejo sedangkan objeknya adalah keseluruhan proses dan hasil kegiatan pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas siswa dan soal tes hasil belajar setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan model pembelajaran Treffinger berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari: sebagian siswa pada siklus II, telah mampu menghasilkan banyak jawaban saat menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik dibandingkan pada siklus I; sudah banyak siswa pada siklus II mempunyai sudut pandang pemikiran yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan jika dibandingkan pada siklus I; sudah banyak siswa yang mampu mengomentari jawaban  temannya dibandingkan dengan siklus I; dan secara umum pada siklus II sudah mampu menyatakan dengan baik peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disajikan dibandingkan pada siklus I.

 

Kata kunci: kreativitas, hasil belajar matematika, Treffinger


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.