PEMBELAJARAN TIPE TGT BERBANTU PERMAINAN MISKIN UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Rr. Chusnul Chotimah A

Abstract


Tujuan penelitian ini: mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika  matematika melalui penerapan pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin, serta mengetahui korelasi kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika  matematika terhadap prestasi siswa melalui penerapan pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: lembar observasi kemandirian, tes pemahaman konsep matematika . Hasil penelitian: pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin dapat meningkatkan kemandirian siswa dengan persentase 75,25% di siklus I dan 79,17% di siklus II, pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika  dengan rerata pada siklus I 15,6 dengan ketuntasan klasikal 64% dan rerata 15,625 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 70,83%, terdapat korelasi pada siklus I sebesar 0,52 dengan tingkat hubungan sedang dan pada siklus II sebasar 0,76 dengan tingkat hubungan kuat.

 

Kata kunci: TGT, permainan miskin, kemandirian, pemahaman konsep

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.