PEMBELAJARAN TIPE TGT BERBANTU PERMAINAN MISKIN UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini: mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika matematika melalui penerapan pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin, serta mengetahui korelasi kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika matematika terhadap prestasi siswa melalui penerapan pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: lembar observasi kemandirian, tes pemahaman konsep matematika . Hasil penelitian: pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin dapat meningkatkan kemandirian siswa dengan persentase 75,25% di siklus I dan 79,17% di siklus II, pembelajaran tipe TGT berbantu permainan miskin dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan rerata pada siklus I 15,6 dengan ketuntasan klasikal 64% dan rerata 15,625 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 70,83%, terdapat korelasi pada siklus I sebesar 0,52 dengan tingkat hubungan sedang dan pada siklus II sebasar 0,76 dengan tingkat hubungan kuat.
Kata kunci: TGT, permainan miskin, kemandirian, pemahaman konsep
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.