EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE STAD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

heru kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasis komputer (PBK) dengan metode STAD akan lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode ekspositori. (2) Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara PBK dengan metode STAD dengan motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar matematika. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD/MI Se-Kec. Selogiri. Sampling dilakukan dengan Stratified Cluster Random.Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika kompetensi pecahan menggunakan tes pilihan ganda. Sedangkan data keadaan motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisa data menggunakan uji-t, uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett, uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dan uji lanjut pasca anava dengan uji komparasi ganda metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Prestasi siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD lebih baik daripada prestasi siswa yang dikenai metode ekspositori pada kompetensi pecahan. (2) Prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi sama dengan siswa dengan motivasi belajar sedang. Prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar rendah. Prestasi siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. (3) Terdapat interaksi antara siswa yang dikenai PBK dengan metode STAD dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Komputer, STAD, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.2743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.