PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KOORDINAT PADA MATERI VEKTOR KELAS XI SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran papan koordinat, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kevalidan media pembelajaran papan koordinat. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan, yaitu pengembangan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Pada penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran matematika yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima fase, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran papan koordinat telah berhasil dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji validitas menunjukkan RTV=3,9, sehingga media pembelajaran papan koordinat masuk dalam kategori valid. Uji kepraktisan menunjukkan RS = 86,5%, sehingga respon siswa tersebut masuk dalam kategori sangat positif yang artinya media tersebut tergolong praktis dan tidak perlu revisi. Dari uji efektivitas diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 80,6%. Dari persentase ketuntasan siswa tersebut, diketahui bahwa media pembelajaran papan koordinat merupakan media yang efektif.
Kata kunci: pengembangan media, papan koordinat, model ADDIE
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.