EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) JENIS TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI

Isnanto Virgunawan Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode CAI jenis tutorial lebih baik dibanding dengan metode ceramah berbantuan powerpoint pada materi trigonometri di SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Bartlett untuk pengujian homogenitas. Pengujian keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan dengan sel tidak sama. Pengujian prasyarat hipotesis menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Bartlett untuk pengujian homogenitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenakan metode CAI jenis tutorial lebih baik dari pada siswa yang dikenakan metode ceramah berbantuan powerpoint.

 

Kata kunci: CAI, powerpoint, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.