STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN TTW TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Titin Nur Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC lebih baik  daripada  yang mendapatkan model pembelajaran TTW, (2) apakah siswa yang memiliki keaktifan tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki keaktifan sedang dan rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran CIRC dan TTW dengan keaktifan terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran TTW; (2) siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi menghasilkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang dan rendah; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran CIRC dan TTW dengan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : CIRC, TTW, keaktifan, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.